Cakra atau Pusat Energi

February 15, 2014

Cakra atau pusat energi yang berputar merupakan bagian tubuh energi yang sangat penting. Sebagaimana tubuh fisik memiliki organ vital dan kurang vital; tubuh energi memiliki cakra mayor., cakra minor dan cakra mini. Cakra mayor merupakan pusat pusaran energi yang bergaris tengah sekitar tiga hingga empat inci.

Cakra mayor mengendalikan dan memberikan energi kepada organ vital dan organ utama pada tubuh fisik . Cakra mayor bekerja sebagai pembangkit tenaga listrik yang menyatukan energi vital ke organ utama dan vital. Bila pembangkit tenaga ini tidak berfungsi, organ vital menjadi sakit atau berpenyakit karena mereka tidak memiliki cukup energi vital untuk bekerja secara benar.

Cakra minor bergaris tengah sekitar satu hingga dua inci. Cakra mini bergaris tengah kurang dari satu inci. Cakra minor dan mini mengendalikan dan memberikan energi kepada bagian tubuh fisik yang kurang penting. Cakra tersebut merasuk ke dalam dan meluas ke luar tubuh fisik.

Cakra mempunyai beberapa fungsi penting sebagai berikut:

1. Mereka menyerap, mencerna dan mendistribusikan prana ke berbagai bagian tubuh.

2. Cakra mengendalikan, memberikan energi dan bertanggung jawab atas berfungsinya seluruh tubuh fisik dan berbagai bagian tubuh serta organ secara benar. Kelenjar endokrin dikendalikan dan diberi energi oleh beberapa cakra mayor. Kelenjar endokrin dapat dirangsang atau dihambat dengan mengendalikan atau memanipulasi cakra mayor. Sejumlah besar penyakit sebagian disebabkan oleh gangguan fungsi cakra tersebut.

3. Beberapa cakra merupakan tempat atau pusat kemampuan psikik. Pengaktifan beberapa cakra (pusat energi) tertentu dapat menghasilkan perkembangan beberapa kemampuan psikik tertentu. Misalnya salah satu cakra yang termudah dan teraman untuk digiatkan adalah cakra tangan. Cakra tersebut terletak di bagian tengah telapak tangan. Dengan menggiatkan cakra tangan, seseorang mengembangkan kemampuan merasakan energi halus dan juga kemampuan merasakan aura lua, aura kesehatan dan aura dalam. Hal ini dapat dicapai dengan sekedar secara teratur memusatkan perhatian padanya, hal ini disebut sebagai membuat tangan peka.

cakra

'